Demo Program Informatika Unindra

Image result for Demo Program


Berikut aku tuliskan pengalaman aku Demo Program Skripsi di Ruang Ka Prodi Informatika Unindra,

Hari,Tanggal : Senin 25 September 2017.
07.55 WIB : Datang dan menunggu di Lobby depan R Prodi FT MIPA

08.10 WIB: Bapak Adi datang dari tangga, langsung aku salaman.

Aku       : "selamat pagi Pak Adi saya Nurohman, yang kemarin mohon ijin untuk Simulasi Program",

Pak Adi : "Ok Mas, silahkan".

Aku berjalan di belakang beliau, kemudian beliau menunjuk ke arah komputer di ruang Ibu Mei, "silahkan disana mas", "baik Pak" ( sambil berfikir, wah ini urusannya sama Bu Mei ini, padahal dikalangan kampus Ibu Mei ini terkenal galak, ha ha ).

08.12 WIB
 Aku lihat ada 3 komputer di Ruangan Bu Mei, satu komputer nggak bisa di pakai (kagak ada komputernya, cuma LCD aja), dan 2 komputer All in One merk Lenovo. Aku nyalakan komputer yang tengah, alkhamdulillah bisa nyala, aku colokkan flashdisk yang aku bawa dari rumah, yang malam sebelumnya sudah aku isi dengan program dan software yang nantinya aku pakai. Aku copas programku ke Xampp pada folder Htdoc, Alkhamdulillah berjalan lancar.
Aku buka xampp dan mencoba menyalakan apache, alkhamdulillah, modyar......!!!! keluar tulisan merah merah pertanda bahwa apache nggak jalan, APA PULA INI .....???? lemes.mungkin ini port atau apa ? aku nggak ambil resiko, langsung aja aku uninstal xampp nya. dan aku coba cek di Dir C pada komputer, Astagfirullah, begitu banyak sekali yang namanya xampp, ada yang namanya xampp, xamppp, xampp baru, xammppku etc, "WEDHUS TENAN IKI...!!!"
Eh ladalah dari pintu muncul yang punya ruangan alias BU Mei, permisi Ibu, bilangku ke dia, dia hanya mengangguk dan duduk di kursinya dia, otomatis dia lihat apa yang kulakukan pada komputer yang kupegang. Mungkin Bu Mei mbatin ini kok ya ada yang demo habis wisuda padahal anak anak kelas pagi aja blm ada yang demo.

10.30 WIB
Aku melangkah ke komputer Pak Adi di ruangannya, kebetulan Pak Adinya lagi keluar, aku coba langsung copas program ke htdoc, eladalah kok xampp mya isinya nggak ada ? aneh luar biasa, padahal pada kanan bawah monitor ada simbol xampp dan tak coba panggil localhost dari browser jalan, piye iki ?
Aku buka tiap folder pada drive C dan akhirnya aku temukan new folder yang isinya adalah folder-folder dalam xampp, owalah disini rupanaya. Langsung saja aku copikan program di htdocnya, sekalian aku taruh db pada mysqlnya, aku coba panggil aplikasiku dan tra la la la, kok error pada login.php ?
Sudahlah, aku uninstal saja xampp mya dan aku hapus folder pada C karena aku ingat petunjuk dari Ibu Mei. lamaaaaa banget uninstalnya, aku tengok kanan kiri nggak ada orang, busyangggg aku sendirian rupanya. Aku kebelet beol, ya udah aku tinggal aja proses uninstal buat beol di lantai 3.

10.56 WIB
Aku sudah balik lagi ke ruangan Pak Adi, masih sama nggak ada orang. Sebentar kemudian Ibu Mei datang, dia ngobrol ceria sama staf FT MIPA. Aku instal lagi xampp, coba copas aplikasi lagi dan akhirnya gagal lagi juga, aku cek DB sudah benar, Gusti Allah tolonglah hambamu ini, aku baca alfatikhah 3x.

11.30 WIB
Aku uninstal lagi xampp, kemudian instal lagi xampp versi dibawahnya, coba copas lagi, panggil dari browser, alkhamdulillah error tampilannya, aku inget barangkali karena DB di copas ya ? aku coba bikin nama DB baru, kemudian import dari file sql yang kusimpan, restart xampp, panggil dari browser dan Alkhamdulillah bisa jalan programku.
Aku coba CRUD pada aplikasi, print laporan, lancar semua. Aku tengok ke ruangan Ibu Mei, ada beliau lagi berdebat tentang cuti sama anak semester 2 kalo nggak salah, galak juga ni dosen. Setelah mahasiswa keluar maka aku menghadap Ibu Mei yang lagi mgobrol ceria sama staf.
Aku      : Permisi Ibu saya sudah selesai instalasi Ibu, mohon di cek
Bu Mei : ok, sudah bisa laporannya ?
Aku      : sudah Ibu
Bu Mei : coba tampilin
Aku      : Baik Ibu

Aku balik lagi ke komputer Pak Adi, akh tampilin print preview dari aplikasiku. Bu Mei datang trus lihat reportnya. "loh itu tanggalnya belum benar, kok nggak ada harinya ?" udah kamu revisi, kami kerjakan sekarang juga, nggak usah di save, baik ibu jawabku. Bu Mei pergi lagi, aku lihat dia kembali ngobrol sama stafnya. Aku instal notepad++ buat edit halaman print_preview.php nya, aku taruh kata "Jakarta" dan mengganti hari pada perulangan "hari" yang sebelumnya aku isi "Jakarta". Aku refresh browser dan tra la la, jadilah sudah. 

Aku ke Bu mei lagi,
Aku      : "Saya sudah selesai Ibu" 
Bu Mei : "Ok mas", Bu Mei menghampiriku, "Silahkan dari awal mas"
Aku      : "Baik Ibu"

Aku tampilkan lagi halaman utama dari aplikasi, aku klik ke barang masuk, kemudian tampillah tombol "print". aku klik lagi dan tra la la, tampilan print preview laporan sudah berubah format tanggalnya menjadi "Jakarta, Senin, 25 November 2017". 

Aku      : "seperti ini Ibu"
Bu Mei  : "ok ok, coba lihat "ireportnya
Aku       : "saya pakai PHP bu, jadi nggak pakai ireport"
Bu Mei  : "o ya ya, ok ok, close aja"

Alkhamdulillah,,,,,,aku close program, aku hapus semua programku dari komputer Pak Adi. Aku ke meja Bu Mei

Bu Mei : "mana CDnya" 
Aku      : ini bu, aku sampaikan CD programku.
Bu Mei : "kertasnya yang dari perpusnya"
Aku      : "oh ada Ibu", aku ambil dari dompet, kemudian di cek sama Bu mei dan di tandatangani
Aku      : Mohon maaf Ibu, jadi ini sudah selesai prosesnya ya bu ?
Bu Mei : Iya, kamu tinggal ke keuangan, trus bayar ijazahnya
Aku      : "harus sekarang ya bu"
Bu Mei : "kenapa, belum ada ya ?"
Aku      :  "Iya Bu, belum ada"
Bu Mei : "nggak papa, nggak harus sekarang kok"
Aku      : "baik Ibu, terima kasih"

12:28 WIB
Aku salami Ibu Mei terus keluar
Demikian, proses demo program skripsiku, semoga menjadi referensi bagi kawan-kawan.

Saran bagi kawan-kawan yang mau Demo Program
1. Sarapan dulu paginya, karena di tempet demo nggak disedain makan dan minum
2. Persiapkan program dan backup dalam bentuk winrar/winzip, buat menghindari virus
3. Usahakan datang sendiri, biar kalo program nggak jalan bisa ganti ke komputer lain
4. Hubungi Pak Adi dulu buat nanya ada sama enggaknya beliau/Bu Mei.
5. Jangan banyak cakap/cerewet di depan Bu Mei/Pak Adi

Ok, Selamat berdemo, semoga beruntung


Post a Comment

9 Comments

  1. Assalamualaikum, maaf mas.. saya mahasiswa unindra angkatan 2011.. maaf kalau tidak merepotkan, biaya demo program taun ini berapa yah mas? Maaf.. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Demo tidak dipungut biaya mas,
    untuk sidang Rp 715.000 dan Ijazah Rp 490.000

    ReplyDelete
  3. Permisi gan, numpang nanya, ane maba TI unindra 2017, klo TA di unindra nantinya harus buat program ya gan? gk bole semisal kayak website, web app gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bikinnya aplikasi berbasis web gan , pakai PHP, saranku kalo mau pake PHP daftar diawal waktu

      Delete
  4. mau tanya mas, pas bimbingan bab 4 dulu apakah sekalian sama demo program atau tidak ya ? terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Gan mau tanya ..kalo bawa laptop sendiri emang ga boleh ? terus itu Demo Aplikasinya setelah selesai buat Makalah Skripsi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak boleh bawa laptop sendiri mas, barengan skripsi

      Delete
  6. Demo itu setelah wisuda atau sebelum sidang ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertahun 2018, sidang, wisuda dulu baru demo, sebelum 2017 wisuda dulu baru demo

      Delete