KKP UNINDRA BAB III



BAB III
INFRASTRUKTUR SISTEM
A.    Spesifikasi Hardware
1.      Teori Singkat Tentang Hardware
Hardware itu dalam bahasa Indonesia-nya disebut sebagai perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang bebentuk nyata. Yang memiliki fungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instructuion set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer secara baik. Komponen komputer dalam katagori elemen perangkat keras (hardware). Berasarkan fungsinya,perangkat keras dibagi menjadi 5 bagian yaitu:
a.       Input device (unit masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memeori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukkan yang umumnya digunakan personal komputer (PC) adalah keyboard dan mouse. Data yang dimasukkan dapat berupa signal input dam maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat juga digunakan untuk memasukkan sebuah program.
b.       Proses devices (unit proses)
Berikut adalah contoh unit proses dalam sebuah komputer yaitu:
1)      Power supply
Power supply menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU. power supply mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan oleh komputer. kualitas power supply menentukan kinerja dari komputer
2)      RAM (Random Accses Memory)
Ram  merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memori bekerja dengan menyimpan data dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan prossesor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

3)      Kartu grafis
Kartu grafis atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan layar. kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika dan biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU.
4)      Prosessor
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan untuk menjalankan sistem dalam sebuah komputer.
5)      Motherboard
Motherboard atau papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling tehubung, motherboard bisa disingkat dengan kata mobo, pada mobo inilah seluruh perangkat keras lain dihubungkan.
c.       Output device (unit keluaran)
Berikut adalah contoh dari perangkat keras yang berfungsi sebagai unit keluaran yaitu:
1)      Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy devices, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil dari pemrosesan data ataupun informasi masukkan.
2)      Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan balik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau sejenisnya.
3)      Speaker
Speaker disini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audiao (suara) dengan cara menggetarkan  komponennya yang berbentuk selaput.
d.      Backing Storage ( unit penyimpanan)
    Berikut ini adalah berbagai contoh dari perangkat keras yang berfungsi sebagai unit penyimpanan yaitu:
1)      Hardisk (HDD)
 Hardisk bisa disebut juga hardisk driver (HDD) atau hard drive (HD) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, didalam  hardisk berisi piring magnetis.
Data yang disimpan dalam hardisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah hardisk, bisanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
2)      Perferal ( unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau perferal antara lain;
a.      Modem
Modulator adalah suatu rangakaian yang berfungsi melakukan proses modulasi,yaitu proses data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim melalui media tertentu ( seperti kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam  hal ini sinyal pesan disebut pemodulasi. Data dari komputer yang bebentuk signal digital dirubah menjadi signal analog.
b.      Kartu suara
Kartu suara adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

2.             Hardware yang ada pada instansi kerja praktek
Dalam  pelaksanaan kerja praktek yang kelompok kami lakukan pada instansi yang bersangkutan menggunakan bebarapa perangkat keras yang terhubung melalui topologi star atau topologi bintang. Perangkat keras yang digunakan antara lain :
a.       Personal komputer yang digunakan ada 6 unit PC.
b.      Printer yang dimilik sebanyak 3 unit.
c.       1 unit cloud server dan,
d.      wireless
                                 Dan di instansi ini memiliki sebuah topologi bintang dimana pada topologi ini   merupakan konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi ini digunakan dalam jaringan yang padat , ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada topologi bus karena semua komputer terhubung ke control pusat. topologi star bekerja pada setiap komputer dalam jaringan bintang berkomunikasi dengan sentral hub yang mengirimkan kembali pesan ke semua komputer (dalam broadcast star network) atau hanya ke komputer yang dituju (switched network) hub dapa menjadi aktif atau pasif.
1)      Kelebihan Topologi Bintang
                                                   a.     Kerusakan pada suatu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
                                                   b.     Tahan terhan terhadap lalu lintas yang padat dan sibuk.
                                                   c.     Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
                                                   d.     Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau pengelolan jaringan yang akan dibuat.
                                                   e.     Memiliki tingkat keamanan sistem yang cukup lumayan baik
                                                    f.     Pemasangan work station yang baru sangat mudah,dan tidak mengganggu kinerja komputer lain
2)      Kekurangan pada topologi bintang
                                               a.          Jika node tengah mengalami kerusakan, maka semua rangkaian sistem akan berhenti.
                                              b.          Peran hub sangat sensitive ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down.
                                               c.          Jika menggunakan hub dan lalu lintas data yang padat dapat menyebakan jaringan lambat.
                                              d.          Jaringan tergantung pada terminal pusat, hub atau swich menjadi elemen kritis karena control yang terpusat serta pemakaian kabel yang boros sehingga menjadi lebih mahal dari topologi ring dan topologi bus.
                                               e.          Perlu penangan khusus untuk pengelolaan jaringan yang akan dibuat Topologi :
 
Gambar 3.1 Topologi Jaringan PT Candi Berkah Tehnologi
Keterangan dari gambar diatas:
1.    Router Indi Home
2.      Cisco Wireless Linksys EA 2700
3.      Cisco Wireless Linksys EA 2700
4.      Laptop Direktur
-       Lenovo
5.      Laptop Sekretaris
-          HP Pavilion 14 N 225 TX
6.      PC Project Manager
-          PC Rakitan, Core i3, 500gb, 4gb
7.      PC Finance Manager
-          PC PC Rakitan, Core i3, 500gb, 4gb
8.      Laptop Sales Manager
-          HP Pavilion 14 N 225 TX
9.      Laptop HRD Manager
-          Toshiba  Satellite L640
10.  Printer 1
-          Printer LX 300+
11.  Printer 2
-          HP Deksjet 1050
12.  Printer 3
-          HP Laser Jet P1102
13.  Kabel
-          Kabel UTP Cat 6 merk AMP
-          Konektor Cat 6 merk AMP

B.     Spesifikasi  Software
1.      Teori singkat tentang Software
     Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer ,data elektronik yang disimpan itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Dengan kata lain software merupakan data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya,dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
       Dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman tersebut, kemudian dibuat berbagai jenis software, jumlah software saat ini banyak sekali dan berdasarkan penggunaannya software tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a.       System software
     Menjalankan tugas tertentu yang dibutuhkan untuk mengendalikan berbagai peralatan yang terdapat pada sistem komputer, serta menjalankan beberapa perintah yang berkaitan dengan pemrosesan data di dalam komputer.                 
1)      operating sistem merupakan perangkat lunak yang mengoperaikan komputer serta menyediakan antar muka dengan perangkat lain atau dengan pengguna.
2)      device driver digunakan untuk mengedalikan peralatan yang tersambung ke unit utama komputer.
3)      system utility merupakan program yang berfungsi sebagai perangkat pemelihara komputer seperti antivirus,partisi hardisk,manajemen hardisk dan lain-lain.
b.      Application software
    Application software merupakan software yang dibuat untuk tujuan tertentu. Software ini digunakan untuk mengelola data milik user,dibutuhkan oleh user dan penggunaanya dikendalikan oleh user. Apliction software ini terbagi lagi menjadi beberapa katagori misalnya;
1)      Commercial software atau package software yaitu software yang digunakan untuk dijual dalam bentuk paket,misalnya Microsoft office, adobe photoshop dan lain-lain. Untuk menggunakan software ini kita harus membayar lisensi kepada perusahaan pembuat software tersebut.
2)      Public domain software merupakan software-software yang tidak dilindungi oleh hak cipta dan boleh diguakan oleh siapa saja.
3)      Shareware merupakan software yang dapat di download dan digunakan secara  gratis dengan fitur yang terbatas atau waktu pakai yang terbatas.
4)      Freeware adalah software yang memiliki hak cipta tetapi di distribusikan secara bebas tanpa biaya.
5)      Rentalware adalah software yang disewa oleh user dengan biaya tertentu dan dapat diunduh kapan dibutuhkan.
6)      Pirated software merupakan software yang digunakan secra tidak legal




2.      Software yang dipakai oleh instansi kerja praktek
a.       Microsoft office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah system operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Power Point.
                     Aplikasi pada Microsoft Office :
1)      Microsoft Acces
Microsoft acces adalah aplikasi pengolah basis data (database). Aplikasi ini biasa digunakan untuk kantor kecil atau menengah atas untuk mengolah data. Aplikasi ini juga menggunakan tampilan user friendly, jadi memudahkan user menggunakan aplikasi ini.

2)      Microsoft Word
Microsoft Word adalah perangkat pengolah kata (Word Processor). Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat laporan kantoran dan surat lamaran kerja. Pertama kali diluncurkan yaitu 1983 dengan memakai nama lain yaitu Multi Tool Word untuk system operasi Xenix dan berkembang sampai bernama Microsoft Word yang tergabung dalam Microsoft Office.
3)      Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat laporan keuangan oleh akuntan.
4)      Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah aplikasi yang digunakan untuk media presentasi. Aplikasi ini biasa digunakan pada presentasi kantor atau media belajar pada sekolah atau perkuliahan.
5)      Microsoft Outlook
Microsoft Outlook adalah aplikasi pengolah data information manager. Biasa digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik atau e-mail.
6)      Microsoft Publiser
Microsoft Publiser adalah aplikasi yang biasa digunakan pada perkantoran untuk surat kabar, kartu ucapan, kalender, dan desktop publishing. Mikrosoft  Publisher ini pertama kali rilis pada tahun 2013.






Post a Comment

2 Comments