KKP UNINDRA BAB 1



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Komputer sudah merupakan kebutuhan sebagai alat penunjang untuk mempermudah pekerjaan terutama untuk sebuah instansi pemerintahan atau perusahaan oleh karena itu, dalam proses penelitian yang dilakukan oleh penulis ditujukan ke PT.Candi Berkah Tehnologi yang akan dijadikan bahan penelitian mengenai sistem teknisi komputer baik software maupun hardware.
Susanto (2009) menyatakan bahwa apa yang disebut dengan komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
Blismer (dalam Susanto, 2009) menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
 Informasi merupakan hal yang sangat penting pada saat ini. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan informasi baik informasi tetang pengetahuan secara umum maupun pengetahuan secara khusus. Oleh sebab itu informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi berbagai bidang .
Instansi dengan sistem manual mungkin akan kalah bersaing oleh beberapa instansi lain yang telah menetapkan sistem informasi bebasis komputer pada seluruh area fungsional karena itulah maka, instansi perlu mempersiapkan diri mereka dengan menerapkan dukungan Tehnologi yang dapat disesuiakan dengan kebutuhan dalam sistem mereka.
Abdul Kadir (2013: 22); Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Informasi System atau CBIS). Dalam praktik, istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa embel-embel berbasis komputer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang penting.
Menurut Gordon B. Davis (1991:28), informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimannya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Sistem teknisi masih belum terkomputerisasi kami melihat proses pendataan dan pembuatan laporan di dalam sistem informasi tersebut tidak maksimal karena data kerusakan komputer yang tertumpuk akan hilang maka pilihan tepat apabila PT.Candi Berkah Tehnologi dibantu dengan sistem komputerisasi.
Bedasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengangkat permasalahan yang ada di  PT.Candi Berkah Tehnologi sebagai topik laporan kerja praktek dengan judul  “SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR JARINGAN BERBASIS JAVA Pada PT.CANDI BERKAH TEHNOLOGI”.
B.      Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis dapat mengambil kesimpulan tentang identifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Dalam pembuatan proyek ini dititik beratkan untuk membantu menangani masalah teknisi kerusakan pada komputer yang masih bersifat manual menjadi sistem komputerisasi.
2.      System informasi yang digunakan oleh PT. Candi Berkah Tehnologi masih bersifat manual dalam pengelolaan data pelayanan customer.
3.      Penyusunan laporan keluhan customer dan maintenance PT. Candi Berkah Tehnologi cukup sulit karena masih berupa lembaran kertas, sehingga dibutuhkan suatu system yang dapat membantu dalam penyusunan laporan yang lebih sistematis.

C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
1.      Merancang suatu sistem pengelolaan infrastruktur, terutama pada perusahaan agar dapat memudahkan memproses  laporan sehingga memberikan hasil yang maksimal terhadap karyawan.
2.    Untuk menyusun sebuah sistem pengelolaan infrastruktur yang berbasis java secara sistematis, terstruktur, dan terarah sehingga dapat digunakan oleh PT.Candi Berkah Tehnologi untuk mengatasi kelemahan sistem manual yang digunakan saat ini.
3.    Untuk memudahkan Penyusunan laporan keluhan customer dan maintenance PT. Candi Berkah Tehnologi dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis java.

D.    Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijelaskan di atas, area yang akan saya bahas dalam penulisan kerja praktek ini adalah ruang lingkup di bagian mantanenace dan keluhan. Adapun ruang lingkup yang menjadi pemahaman dalam penulisan kerja praktek ini di batasi oleh penulis, yaitu :
1.      Penulis membuat rancangan sistem beserta database dengan menggunakan MYSQL untuk pengelolaan data maintenance dan data keluhan PT. Candi Berkas Tehnologi.
2.      Perancangan Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman java Netbean.
3.      Penulis hanya bekerjasama dengan mitra PT.Candi Berkah Tehnologi dalam membuat rancangan infrastruktur.

E.     Metodologi
Metode-metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan data- data yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1.      Observasi
Kelompok kami melakukan kunjungan ke  PT.Candi Berkah Tehnologi setelah mendapat surat pengantar untuk dapat melakukan pengamatan terhadap proses pelayanan pada perusahaan tersebut, sehingga kami dapat menentukan suatu masalah yang dapat kami bantu dengan membuat suatu system yang memudahkan perusahaan tersebut.
2.      Wawancara
Mengadakan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Data yang diperoleh dari hasil wawancara adalah:
1.         Pengelolaan data maintenance dan keluhan masih bersifat manual
       menggunakan lembaran-lembaran kertas.
2.         Penyusunan laporan tahunan dari data maintenance dan keluhan
       masih bersifat manual menggunakan lembaran-lembaran kertas.
3.      Studi Pustaka
Melakukan penelitian berarti mencoba mencari solusi atas suatu permasalahan yang dilakukan dengan cara-cara ilmiah, salah satunya dengan melakukan studi pustaka. Studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dan informasi dengan menelaah sumber-sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku refernsi, literatur, ensiklopedia, karangan ilmiah, serta sumber-sumber lain yang terpercaya baik dalam bentuk tulisan atau dalam format digital yang relevan dan berhubungan dengan objek yang sedang diteliti.
Dari buku-buku referensi kita bisa memecahkan masalah berdasarkan teori-teori dan rumus-rumus yang telah diuji kebenarannya dan diakui secara umum. Kita juga dapat menelaah penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan objek yang sedang diteliti melalui jurnal ilmiah yang sangat mudah diakses dan sebagian ada yang sifatnya gratis.

F.     Sistematika Penulisan
Untuk  sistem penulisan pada penyusunan laporan  perancangan sistem informasi pengelolaan infrastruktur jaringan pada PT Candi Berkah Tehnologi sebagai berikut:
1.      BAB I, Pendahuluan
Pada Bab ini, menjelaskan tentang latar belakang penulisan laporan KKP, masalah yang di temui pada pengelolaan data maintenance dan penanganan keluhan pada PT Candi Berkah Tehnologi.
Dari permasalahan yang ada maka perlu di buat suatu sistem yang memudahkan untuk pengelolaan data tersebut.
2.      BAB II, Organisasi
Pada Bab ini, menjelaskan tentang sejarah, struktur organisasi pada PT Candi Berkah Tehnologi berserta tugas dan kewajiban masing-masing jabatan.
3.      BAB III, Infrastruktur
Pada Bab ini mejelaskan tentang hal yang berkaitan dengan alat pengolah data yangdi gunakan pada PT Candi Berkah Tehnologi. Alat pengolah data tersebut diantaranya komputer, laptop, dan printer. Bab ini juga membahas tentang konsep jaringan yang di terapkan pada kantor Candi Berkah Tehnologi dan spesifikasi software yang di gunakan.
4.      BAB IV, Pembahasan
Pada Bab ini menjelaskan tentang proses bisnis yang sedang berjalan pada PT Candi Berkah Tehnologi dan sistem yang di usulkan  sebagai alternative yang di usulkan sebagai hasil dari kegiatan KKP ini.
5.      BAB V, Penutup
Pada Bab ini memuat tentang kesimpulan dan saran. PT Candi Berkah Tehnologi seharusnya menerapkan suatu sistem yang dapat membantu pengelolaan data maintenance dan keluhan, sehingga penyusunan laporan dapat di lakukan lebih cepat dan efisien.
 

Post a Comment

10 Comments